Saturday , 26 September 2020
Home / PARIWISATA / SELAT SUNDA AMAN
Suasana Gala Dinner Festival Anyer Ceria 2019 di tepi pantai Hotel Mambruk Anyer, Sabtu (2/3/2019). Foto: istimewa.

SELAT SUNDA AMAN

PASNEWS.ID, SERANG – Upaya pemulihan pariwisata di pesisir Selat Sunda, khususnya kawasan Anyer pasca tsunami Desember 2018, melalui kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak terus dilakukan berbagai pihak. Termutakhir adalah ajang Festival Anyer Ceria 2019 yang digagas Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang, Sabtu (2/3/2019).

Menggandeng Kementerian Pariwisata RI, Tiket.com, Baramulti, PT MMS, dan sejumlah pendukung acara lainnya, PHRI mengisi Festival Anyer Ceria 2019 dengan sejumlah kegiatan. Di antaranya pertunjukan debus, Festival Band, Lomba Vlog Anyer, dan pentas musik yang menghadirkan bintang tamu band bergenre reggae Roompoet Hijau.

Jajaran pengurus PHRI Kabupaten Serang sebagai panitia Festival Anyer Ceria 2019 berfoto bersama di depan panggung yang berlokasi di Pantai Sambolo 1, Anyer, Sabtu (2/3/2019). Foto: istimewa.

Sebagai acara inti, digelar malam gala dinner di area pantai Hotel Mambruk yang antara lain menampilkan teater Sunda Miss Tjitjih. Adapun tema yang digaungkan kepada khalayak dalam event ini adalah Selat Sunda Aman. Tema ini diusung untuk mengajak wisatawan domestik maupun mancanegara untuk kembali singgah di Anyer dan destinasi wisata lainnya di sepanjang pesisir Selat Sunda.

Dipaparkan Kabid Pemasaran Area DKI Jakarta Banten Kementerian Pariwisata Ni Komang Ayu Astiti, upaya pemulihan pariwisata Selat Sunda tak bisa dilakukan secara parsial. “Harus semua pihak saling bersinergi,” tuturnya.

Kabid Pemasaran Area DKI Jakarta Banten Kementerian Pariwisata Ni Komang Ayu Astiti (dua dari kanan) di acara Gala Dinner Festival Anyer Ceria 2019. Foto: istimewa.

Kementerian Pariwisata sendiri, menurut Ni Komang, terus fokus dalam program pemulihan pariwisata Selat Sunda mengingatkan dampaknya begitu besar tidak saja bagi pelaku industri pariwisata, tetapi juga bagi masyarakat banyak.

Terkait kondisi Status Siaga 3 Gunung Anak Kraktau yang hingga kini belum dicabut oleh BMKG, Ni Komang menyatakan bahwa hal itu sepenuhnya berada di tangan BMKG. “Menurut saya dengan terus diselenggarakannya kegiatan kepariwisataan yang melibatkan banyak pihak seperti Festival Anyer Ceria ini, otomatis kepercayaan wisatawan terhadap kondisi Selat Sunda yang sudah aman akan terbangun kembali,” tuturnya.

Sandiwara Sunda dari Sanggar Miss Tjitjih ikut memeriahkan Gala Dinner Festival Anyer Ceria 2019. Foto: istimewa.

Dalam sambutan di acara gala dinner, Ketua PHRI Kabupaten Serang Agus Zaenal bersyukur Festival Anyer Ceria 2019 berlangsung dengan lancar. Agus berharap ke depan akan lebih banyak lagi event kepariwisataan yang bersifat promotif dengan jangkauan massa yang lebih luas. (red)

About adm-PASNEWS

Check Also

JENUH WORK FROM HOME? WORK FROM HOTEL BISA JADI PILIHAN

PASNEW.ID, SERANG – Seiring upaya bersama mengantisipasi wabah Covid 19, banyak pegawai negeri maupun swasta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *