Friday , 23 February 2024
Home / PENDIDIKAN / KKM 66 UNTIRTA BERDAYAKAN POTENSI LOKAL BERKELANJUTAN

KKM 66 UNTIRTA BERDAYAKAN POTENSI LOKAL BERKELANJUTAN

BAROS, KAB. SERANG,PASNEWS.ID

Murid SDN Parungsentul, Desa Sinarmukti, mengantre membaca buku dalam kunjungan Perpustakaan Keliling di acara KKM Untirta Kelompok 66, Selasa 24 Januari 2023. Dok: Istimewa
– Mengusung tema Kolaborasi Potensi Lokal dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan” Kelompok 66 Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Untirta selama sebulan penuh melakukan pengabdian kepada masyarakat Desa Sinar Mukti, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang.
Mengawali KKM sejak 12 Januari 2023, sebanyak 7 mahasiswa 15 mahasiswi dari 12 jurusan menggelar beragam program yang telah disiapkan. Adapun tujuannya adalah membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi sekaligus memberdayakan potensi masyarakat setempat.
“Sejak awal pelaksanaan, saya secara pribadi sudah berkeyakinan KKM akan bermanfaat dan masyarakat kami akan mengucapkan banyak terimakasih,” ujar Lurah Sinarmukti, Darso dalam acara pelepasan yang berlangsung 11 Februari 2023.
Kelompok 66 KKM Untirta, Sabtu 4 Februari 2023, menggelar acara penyuluhan pertanian berupa pembuatan pupuk organic berbahan limbah cucian beras

Kegiatan yang dilakukan Kelompok 66 KKM Untirta terbagi menjadi 4 macam program kerja, yaitu Program Khusus, Program Wajib, Program Unggulan, dan Program Pendukung. Dalam pelaksanaannya. Keempat program ini disambut penuh antusias oleh masyarakat Desa Sinarmukti.
Program Khusus yang dijalankan yaitu kemitraan bersama BKKBN, yakni melakukan kegiatan seminar mengenai stunting pada 26 Januari 2023. Selanjutnya melaksanakan sosialisasi Kampung Berkualitas serta peresmian Rumah Data pada 6 Februari 2023. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari BKKBN TPD Kecamatan Baros, Maryamah A.Md., Keb.
Untuk Program Wajib adalah berupa peningkatan wawasan literasi, yakni dengan menghadirkan Perpustakaan Keliling dan pelayanan multimedia yang bekerja sama dengan Perpusda Kabupaten Serang. Dua mobil pintar singgah di SDN Parungsentul dengan tujuan meningkatkan minat baca. Selain kegiatan membaca bersama, juga digelar nonton bersama film “Lima Elang” serta edukasi pengelolaan perpustakaan di SDN Parungsentul.
Sejumlah kegiatan lainnya adalah mengajar gambar, kegiatan outbound, renovasi mushola sekolah, dan edukasi pemilahan sampah. Ada pula penyelenggarkan budidaya maggot lalat black soldier fly (BSF) yang dicanangkan pihak Kecamatan Baros. Kegiatan ini bertujuan mengurangi limbah organik rumah tangga. Hasil budidaya maggot mahasiswa Kelompok 66 KKM Untirta dibagikan ke beberapa warga di sejumlah RT. Pada saat bersamaan, yakni pada Selasa 7 Februari 2023 juga digelar sosialisasi dan edukasi mengenai dampak positif dari budidaya maggot kepada masyarakat Desa Sinarmukti.
Lanjut pada Program Unggulan, kelompok 66 KKM Untirta melakukan observasi tentang potensi lokal yang dapat dikembangkan. Salah satunya dalam sektor pertanian, khususnya komoditas padi dan timun. Untuk mengembangkan potensi tersebut, Kelompok KKM 66 Untirta mengadakan kegiatan sosialisasi dan edukasi tentang pembuatan pupuk organik cair (POC) dari limbah cucian beras. Sebagai narasumber dihadirkan Dosen Untirta Fakultas Pertanian Jurusan Agroekoteknolog, Endang Sulistyorini, S.P., M.Si i. Selain edukasi POC, dilakukan juga sharing session mengenai masalah pertanian saat ini yaitu penanganan hama kungkang atau walang sangit.
Untuk Program Pendukung yang juga punya dampak positif bagi masyarakat, di antaranya adalah senam sehat bersama ibu-ibu, kegiatan gotong royong di tiap RT, dan kegiatan mengajar di PAUD setempat. Mahasiswa KKM Kelompok 66 UNTIRTA juga membuka donasi selama lewat media sosial. Hasilnya betupa buku bacaan berjumlah 38 buku, alat tulis dan gambar sebanyak 35 buah untuk PAUD Fathul Ulum u. Donasi juga dilakukan di SDN Parungsentul berupa uang tunai untuk renovasi mushola sebesar Rp.1.210.000. Ada pula donasi peralatan sholat, buku bacaan dan peralatan kebersihan.
Berbagai program Kelompok 66 KKM Untirta disambut antusias oleh masyarakat maupun aparat Desa Sinarmukti. Mereka berterimakasih atas kehadiran mahasiswa Untirta yang telah membantu dan meningkatkan potensi warga Desa Sinarmukti. “Insya Allah semua yang sudah dilakukan akan berguna bagi masyarakat di sini. Kami berharap teman-teman KKM Desa Sinarmukti juga bisa terus menjalin tali silahturahmi dengan kami masyarakat Desa Sinarmukti,” ucap Darso selaku Lurah.

About adm-PASNEWS

Check Also

KOTA SERANG SOSIALISASIKAN PERWAL WAJIB PAUD 1 TAHUN PRA SD

SERANG – Pendidikan anak usia dini (PAUD) secara ilmiah telah terbukti sangat bagi perkembangan anak-anak. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *