Saturday , 26 September 2020
Home / SENI BUDAYA / SMANDA CHOIR RAIH PRESTASI DI NFF FEB UI 2019
Tim Smanda Choir menjadi Juara Harapan II di ajang National Folklore Festival ke-13 FEB UI, di Balai Sidang UI, Senin (4/3/2019). Foto: istimewa

SMANDA CHOIR RAIH PRESTASI DI NFF FEB UI 2019

PASNEWS.ID, DEPOK – Tim paduan suara SMAN 2 Kota Serang, Smanda Choir, berhasil meraih prestasi di ajang National Folklore Festival (NFF) ke-13 tahun 2019 yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), di Balai Sidang UI, Senin 4 Maret 2019.

Meski hanya meraih Juara Harapan 2 atau peringkat 5, capaian ini dinilai cukup membanggakan karena NFF FEB UI merupakan salah satu ajang lomba padus bergengsi tahunan di tanah air. Dengan peserta yang merupakan wakil sekolah dan kampus ternama, NFF FEB UI berlangsung sangat kompetitif.

“Itulah makanya saya merasa bangga dan sangat bersyukur. Ini juga merupakan prestasi kami yang pertama di tingkat nasional,” ujar Kepala SMAN 2 Kota Serang Deni Arif Hidayat.

Capaian ini menurut Deni merupakan hasil ketekunan dan kedisiplinan tim Smanda Choir berlatih khusus untuk persiapan lomba. “Mudah-mudahan ke depan prestasi tingkat nasional berikutnya bisa kami raih. Setelah itu, jika dimungkinkan, kami ingin mengikutkan Smanda Choir di lomba padus tingkat internasional,” kata Deni.

Tim Smanda Choir berfoto bersama sebelum tampil di lomba paduan suara NFF FEB UI 2019, Senin (4/3/2019). Foto: istimewa

Rasa syukur juga dipanjatkan pelatih Smanda Choir Imay Febriana. Pasalnya, setelah di beberapa kali keikutsertaan sebelumnya hanya masuk 10 besar, tahun ini Smanda Choir bisa menembus 5 besar. “Tapi tentu saja kami belum puas sampai di sini. Kami berharap di tahun yang akan datang prestasi Smanda Choir bisa lebih meningkat lagi dengan menembus 3 besar. Dan kalau boleh bercita-cita kami ingin menjadi juara 1,” harap Imay.

Untuk semakin mengasah kemampuan, Imay berencana mengikutkan Smanda Choir ke ajang sejenis yang diselenggarakan kampus-kampus ternama lainnya seperti. Unpad, ITB dan IPB. “Langkah ini tentu membutuhkan dukungan banyak pihak. Bukan hanya dari pihak sekolah saja, tetapi juga dari para orangtua, donatur, instansi terkait, serta pemerintah daerah,” tutur Imay.

NFF FEB UI tahun ini sudah memasuki perhelatan ke-13. NFF mempertandingkan 2 kategori, yakni Kategori A untuk pelajar SLTA dan Kategori B untuk mahasiswa/umum. Peserta Kategori A membawakan 1 lagu wajib dan 1 lagu pilihan. Lagu wajib adalah Kicir-kicir yang harus ditampilkan sesuai dengan aransemen yang sudah ditetapkan panitia. Sementara untuk lagu pilihan peserta membawakan lagu daerah dari pulau berbeda. Untuk SMANDA yang lokasinya di Pulau Jawa, membawakan lagu Sigulempong dari daerah Tapanuli, Sumatera Utara.

Smanda Choir yang merupakan bagian dari ekskul SMAN 2 Kota Serang, mengirimkan tim padus beranggotakan 31 orang, dimana 8 diantaranya adalah pelajar putra. Mereka sebelumnya telah berlatih intens selama sekitar 3 bulan. Selain Imay Febriana, tim pelatih Smanda Choir adalah Rivaldi Setiawan selaku penata musik dan Faradiba Putri sebagai dirijen.

About adm-PASNEWS

Check Also

Pelestarian Seni Budaya Butuh Keterlibatan Banyak Pihak

PASNEWS.ID, CILEGON – Upaya pelestarian seni budaya Nusantara di kalangan generasi muda bukanlah hal yang …

One comment

  1. Alhamdulillah… Barokallah
    Selamat ya buat tim padus Smanda Choir.
    Semoga bisa lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *