Home / SENI BUDAYA / Pelestarian Seni Budaya Butuh Keterlibatan Banyak Pihak
Pawai Bebaduyan yang diantaranya menampilkan parade busana etnik menarik perhatian pengunjung CCM, Kota Cilegon, Minggu (15/12/2019). Foto: PASTV

Pelestarian Seni Budaya Butuh Keterlibatan Banyak Pihak

PASNEWS.ID, CILEGON – Upaya pelestarian seni budaya Nusantara di kalangan generasi muda bukanlah hal yang mudah dilakukan. Terlebih di tengah pesatnya kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini, dimana generasi muda Indonesia secara masif diserbu beragam produk seni dan hiburan bernuansa modern melalui gawai di genggaman mereka.
Hal itu ditegaskan Pendiri Pas Media Group Helldy Agustian dalam sambutan di acara Resital Tari ke-9 Raksa Budaya di Cilegon Center Mall, Kota Cilegon, Minggu (15/12/2019).
“Sebagai media massa lokal di Provinsi Banten, Pas Media Group tentu ikut memiliki tanggung jawab dalam upaya pelestarian seni budaya. Selain melalui pemberitaan, upaya pelestarian tersebut juga bisa dilakukan dengan cara bekerjasama menyelenggarakan acara seni budaya seperti Resital Tari ini,” papar Helldy.

Kepala Dispar Banten Eneng Nurcahyati, Pembina Sanggar Egi Djanuiswati, dan Pendiri Pas Media Group Helldy Agustian ikut menari bersama.. Foto: PASTV
Sebagai pendiri Sanggar Batik Krakatoa Cilegon, Helldy juga berharap kerjasama dalam upaya pelestarian nilai-nilai kearifan lokal ini terus berlanjut di masa mendatang. “Makin banyak yang terlibat, akan membuat kepedulian terhadap seni budaya meningkat,” ujarnya.
Pentingnya kebersamaan dan kepedulian dari segenap pemangku kepentingan terkait agar seni budaya Nusantara tetap lestari disadari sepenuhnya oleh Raksa Budaya. Karena itu, Raksa Budaya Kota Serang terus menggalang kemitraan dengan berbagai pihak. Di antaranya adalah melalui penyelenggaraan Resital Tari yang berlangsung setahun sekali.
Tahun 2019 ini, atau kali ke-9 digelar, Resital Tari Raksa Budaya berlangsung di Cilegon Center Mall, Kota Cilegon, Minggu 15 Desember 2019. Acara yang dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati, pembina sanggar Egi Djanusiwati, budayawan Gol A Gong, dan para orangtua murid sanggar tersebut terbuka untuk umum.
Helldy Agustian memberi sambutan di acara Resital Tari ke-9 Raksa Budaya.
“Kami berterimakasih kepada Pas Media Group dan Manajemen CCM yang telah membantu penyelenggaraan acara ini,” papar Pendiri dan Pimpinan Raksa Budaya, Maya Rani Wulan.
“Kami sadar bahwa upaya pelestarian seni budaya di kalangan generasi muda memerlukan keterlibatan banyak pihak. Untuk itu itu sangat bersyukur atas kepedulian yang selama ini diberikan banyak pihak kepada kami, baik dari pemerintah daerah, BUMN, maupun swasta dan perorangan, ” ujar Maya.
Dalam sambutannya, Kadispar Banten Eneng Nurcahyati mengapresiasi kiprah Raksa Budaya yang selama 33 tahun berperan aktif mengenalkan seni budaya Banten kepada generasi muda. “Dengan kini ditampilkan di mall, saya berharap akan lebih banyak lagi anak-anak kita yang mencintai seni budaya bangsa sendiri,” tutur Eneng.
Resital Tari Raksa Budaya merupakan bagian dari tahapan pembelajaran para murid Raksa Budaya. Pada momen ini, para murid diuji keterampilan dan kemahirannya dalam membawakan tarian yang telah dipelajari. Untuk memberi hiburan kepada masyarakat, Raksa Budaya mengemas Resital Tari ini ke dalam sebuah seni pertunjukkan. Tahun 2019 ini tajuk yang diusung adalah “Senandung Cinta Abadi Bagimu Banten”.

Tari “Indonesia Menari” menjadi sajian pamungkas Resital Tari ke-9 Raksa Budaya di CCM.
Diawali Pawai Bebaduyan yang melintasi lobi dan area parkir CCM, Resital Tari Raksa Budaya menyuguhkan beragam tarian kreasi tradisional Banten maupun Nusantara. Tarian tersebut dibawakan para murid Raksa Budaya dari beragam kategori kelas.
Sebagai bagian dari pertunjukan, juga ditampilkan sajian lagu Nasional dan Lagu berbahasa Jaseng yang dibawakan Juara 2 Solo Vokal Putra FLS2N SMA Tingkat Nasional asal Kota Serang, Gaduh Gifta Pisantun.
Yang tak kalah menarik perhatian pengunjung CCM adalah parade busana etnik yang disajikan penari inti Raksa Budaya. Beragam busana etnik yang disajikan menarik banyak pengujung untuk berswafoto bersama.
Acara Resital Tari Raksa Budaya ke-9 kemudian dipamungkasi dengan sajian “Indonesia Menari” yang ditampilkan oleh seluruh penari dan murid Raksa Budaya. (red)

About adm-PASNEWS

Check Also

SENI BUDAYA DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER

PASNEWS.ID, SERANG – Sejatinya Sanggar Bina Seni Tari Raksa Budaya adalah satu lembaga yang mengembangkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *