Home / PENDIDIKAN / DAPODIK PENTING BAGI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN
Kabid PAUDNI Dindikbud Kota Serang Nursalim (tengah) bersama jajaran panitia Bimtek Aplikasi Dapodik Versi 3.5.0 di Kecamatan Curug, Jumat (9/8/19). Foto: Istimewa

DAPODIK PENTING BAGI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

PASNEWS.ID, SERANG – Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) punya peran teramat penting bagi peningkatan kualitas pendidikan di suatu daerah. Berdasarkan Dapodik inilah pemerintah melalui Kemendikbud bisa melakukan pemetaan beragam persoalan pendidikan di daerah serta upaya solusinya. Pentingnya Dapodik terentang untuk semua jenjang pendidikan baik formal maupun nonformal.
Untuk mendapat pemutakhiran data yang akurat, tentu dibutuhkan metode khusus dalam pengisian Dapodik. Metode itu diantaranya diberikan melalui bimbingan teknis (bimtek) seperti dilakukan Pusat Kegiatan Gugus (PKG) 4 Kecamatan di Kota Serang, yakni Kecamatan Serang, Curug, Cipocok Jaya, dan Walantaka.

Suasana Bimtek Aplikasi Dapodik Versi 3.5.0 di Kecamatan Curug, Jumat (9/8/19). Foto: Istimewa
Di Kecamatan Curug dan Cipocok, bimtek berlangsung Jumat (9/8/19) dan Rabu (14/8/2019). Kegiatan Bimtek Dapodik Versi 3.5.0 ini diikuti tak kurang dari 40 lembaga PAUD dan dibuka Kepala Bidang PAUDNI Dindikbud Kota Serang Nursalim.
“Bimtek diperlukan agar pemutakhiran data sesuai kondisi di lapangan. Data yang tercantum mulai dari dari jumlah peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, hingga sarana dan prasarana yang ada,” papar Nursalim.
Bimtek Aplikasi Dapodik Versi 3.5.0 di Kecamatan Cipocok Jaya, Rabu (14/8/19), diikuti 40 peserta. Foto: Istimewa
Bimtek berlangsung selama 1 hari dan dipandu operator Dindikbud Kota Serang Agus Yayan Eri Sofyan dan Ziki Nasrullah. Kegiatan ini didanai dari bantuan PKG PAUD tahun 2019 yang diberikan Kemendikbud Dirjen PAUD & Dikmas, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. PKG PAUD sendiri merupakan wadah koordinasi antar Gugus PAUD yang mempunyai fungsi sebagai koordinator antara gugus, wadah pembinaan seluruh anggota gugus, serta peningkatan mutu layanan PAUD. Fungsi lainnya adalah sebagai sumber informasi dan data terkait dengan perubahan kebijakan, pengetahuan terkini, data lembaga dan PTK, hal-hal lain yang terkait dengan peningkatan kompetensi, pengembangan kurikulum, penguasaan informasi dan teknologi (IT), dan keterampilan kewirausahaan untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). (red)

About adm-PASNEWS

Check Also

GIM UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN LITERASI MASYARAKAT

SERANG, PASNEWS.ID – Upaya peningkatan kualitas pendidikan di suatu daerah sangat terkait dengan wawasan literasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *